ARTIKEL BERITA JUDUL

Tips Mengetahui kapan busi mobil harus diganti

08 Maret 2019

Tips Mengetahui kapan busi mobil harus diganti

Beroperasinya suatu kendaraan tentu merupakan imbal hasil dari beberapa perangkat penting yang saling bekerja sama seperti halnya busi. Busi merupakan salah satu perangkat penting dalam mobil dimana memiliki kontribusi yang sangat penting dalam proses pembakaran di ruang mesin sehingga piston dapat menjalankan fungsinya.

Sama halnya seperti perangkat-perangkat pada umumnya, busi juga memiliki jenjang umur. Biasanya, busi memiliki masa pakai pada saat sudah menempuh jarak sekitar 60 sampai 80 ribu kilometer, namun selain berpedoman pada jarak, waktu untuk mengganti busi juga bisa diketahui melalui beberapa kondisi seperti :

  • Mengalami kesulitan starter saat menghidupkan mobil

Selain disebabkan oleh kerusakan pada accu mobil, kesulitan starter juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada busi. Hal ini dikarenakan busi memiliki fungsi dasar untuk memberikan percikan bunga api yang antara lain untuk memicu pembakaran pada ruang mesin dan memberikan tenaga pada mesin untuk beroperasi. Dengan usangnya busi, maka percikan tersebut akan sulit tercipta dan dapat menyebabkan mobil untuk sulit di starter.

  • Kondisi tidak wajar

Kondisi yang tidak wajar seperti mesin memiliki suara bising atau tidak halus seperti putaran mesin yang bergetar ketika pemilik mobil ada di kabin ketika dalam kondisi diam atau idle dan tuas gas terasa berat saat diinjak juga dapat menjadi indikator awal busi yang perlu diganti.

  • Kurang responsif

Kondisi berikutnya yang dapat dijadikan sebagai indikasi untuk mengganti busi yaitu tarikan mobil yang menjadi kurang responsif. Busi yang sudah using akan menyebabkan akselerasi dari mobil menjadi tidak maksimal.

  • Warna busi

Selain kondisi-kondisi yang telah disebutkan diatas, kerusakan pada busi bisa diliat dari warnanya. Apabila elektroda dan ujung insulator busi menyisakan warna hitam pekat, maka hal itu menandakan adanya pembakaran yang kurang sempurna dan akan menyebabkan asap mobil yang berwarna hitam serta kesulitan untuk menyalakan mesin saat keadaan dingin. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan konsumsi BBM yang lebih boros.Apabila busi berwarna kecoklatan, hal tersebut mengindikasikan bahwa masa pemakaian busi sudah mendekati akhirnya dan harus segera diganti.Sedangkan apabila busi berwarna kemerahan atau kuning mengindikasikan bahwa terdapat pemanasan berlebih dan perlu untuk melakukan pengecekan pada bagian pendingin.

sumber:

https://bit.ly/2C6M8hl