TIPS PEMBAYARAN ANGSURAN BAGI KONSUMEN PT BCA FINANCE

TIPS PEMBAYARAN ANGSURAN BAGI KONSUMEN PT BCA FINANCE

11 Oktober 2019

Halo para konsumen BCA Finance, diartikel kali ini kami akan membahas mengenai Tips dan Tata Cara Pembayaran Angsuran konsumen, hal-hal yang harus dihindari seputar pembayaran konsumen, Resiko bila terjadi Keterlambatan dalam Pembayaran Angsuran dan yang terakhir akan dibahas adalah menentukan solusi jika terdapat konsumen yang terlambat dalam membayar angsuran. Artikel ini dibuat agar para konsumen dapat lebih aware mengenai kewajiban-kewajiban dalam hal pembayaran angsuran di BCA Finance, dan agar konsumen dapat menghindarkan diri dari denda akibat keterlambatan pembayaran angsuran yang mungkin saja terjadi karena ketidaksengajaan ataupun kurangnya pemahaman konsumen tentang tata cara pembayaran angsuran.

Berikut ini adalah tips tata cara pembayaran angsuran :

  1. Lakukan pembayaran angsuran tepat pada waktunya, sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang dapat dilakukan dengan cara :
  2. Autodebet

Untuk jenis pembayaran jenis ini, pembayaran angsuran akan dipotong secara otomatis dari rekening tabungan (BCA) yang telah terdaftar, di setiap tanggal jatuh tempo. Jadi untuk lebih amannya, siapkan saldomu H-1 sebelum tanggal jatuh tempo untuk memastikan saldo kamu mencukupi ketika proses autodebet berlangsung.

  1. ATM maupun Virtual Account.

Untuk pembayaran melalui Virtual Account dapat dilakukan di ATM, via Mobile Banking maupun Internet Banking

Perlu diperhatikan untuk pembayaran Virtual Account, sebaiknya dilakukan H-1 sebelum tanggal jatuh tempo, karena dana baru akan efektif pada H+1 setelah transaksi pembayaran dilakukan. Jadi bila pembayaran melalui Virtual Account dilakukan tepat pada saat tanggal jatuh tempo, maka dana baru akan efektif di keesokan harinya, sehingga sudah menimbulkan denda / overdue.

  1. Pembayaran tunai melalui kasir BCA Finance.

Pembayaran tunai melalui kasir BCA Finance dapat dilakukan tepat pada saat tanggal jatuh tempo, ataupun sebelumnya. Namun, per 1 Oktober 2018 untuk pembayaran angsuran secara tunai melalui kasir BCA Finance, akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 100.000. Jadi untuk menghindari biaya administrasi tersebut, konsumen diharapkan dapat membayar angsurannya dengan cara Autodebet atau dengan transfer melalui Virtual Account.

 

  1. Apabila tanggal jatuh tempo angsuran jatuh pada hari libur (Sabtu/Minggu/Tanggal Merah), maka konsumen dihimbau untuk menyediakan dana dalam rekening (untuk pembayaran via Autodebet) atau melakukan pembayaran angsuran pada hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo angsuran (untuk pembayaran via transfer Virtual Account / pembayaran tunai lewat kasir BCA Finance).
  2. Hindari menitipkan angsuran kepada pihak lain untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Saat sudah menjadi konsumen di BCA Finance, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh konsumen selama masa pembiayaannya masih berlangsung. Adapun hal-hal yang wajib dihindari adalah sebagai berikut :

 

“Dilarang menjual, mengalihkan atau memindahtangankan barang jaminan kepada pihak lain tanpa persetujuan perusahaan pembiayaan (melakukan over kredit bawah tangan).”

 

“Hal ini merupakan tindak pidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun & pelanggaran atas UU Fidusia dengan ancaman hukuman penjara maksimal 2 tahun & denda paling banyak Rp. 50.000.000”

 

Berikut resiko bila konsumen melakukan keterlambatan pembayaran angsuran :

  1. Jika konsumen terlambat membayar angsuran maka akan dikenakan denda yang besarnya dinyatakan dalam perjanjian pembiayaan
  2. Keterlambatan pembayaran angsuran dapat menyebabkan konsumen masuk dalam daftar konsumen yang tidak kredibel berdasarkan system integrasi dari Otoritas Jasa Keuangan. Yang akibatnya konsumen akan sulit mendapatkan kredit/pembiayaan dari bank, perusahaan pembiayaan, perusahaan pergadaian, modal ventura dan institusi keuangan lainnya.

 

Apabila konsumen terlambat melakukan pembayaran angsuran, berikut solusi jika hal tersebut terjadi:

  1. Jika masalahnya adalah tanggal jatuh tempo angsuran jatuh sbelum tanggal penerimaan pendapatan rutin konsumen, mintalah perusahaan pembiayaan untuk mengubah tanggal angsuran agar tanggal jatuh tempo angsuran anda sesuai dengan tanggal penerimaan pendapatan (sesuai aturan yang berlaku di perusahaan pembiayaan)
  2. Jika masalahnya adalah ketidakmampuan membayar angsuran, sebaiknya konsumen menghubungi perusahaan pembiayaan untuk menitipkan barang jaminan di perusahaan pembiayaan.
  3. Jika konsumen memiliki calon pembeli untuk barang jaminan pembiayaan dan pihak pembeli barang jaminan menginginkan pembelian secara kredit, lakukan over kredit secara resmi di perusahaan pembiayaan.

 

Nah itu adalah beberapa tips seputar pembayaran angsuran kalian di BCA Finance. Yuk, jadi konsumen yang cerdas dan patuh akan ketentuan pembiayaan supaya memudahkan aktivitas keuangan kalian.